Minggu, 16 Oktober 2011

SABAR dan SYUKUR


SABAR  dan  SYUKUR

Seperti mata uang yang tak terpisahkan,. Indah jika kita faham keduanya.
Sahabat bLogeR,. Pada kesempatan kali ini, saya ga nulis tentang syukur,. Jika suatu ketika insyaallah ane menulisnya.

Ceramah ini ane dapet pas AA Gym ceramah, tgl 15 Oktober 2011 . (waktu itu di shoot sama TV ONE  J )

Sabar itu bukan pasRah Lho sobat,.
Tiga perkara sabar:
1.     Sabar dalam taat
2.    Sabar dalam menjauhi maksiat
3.    Sabar dalam menghadapi takdir Allah

Seperti tersebut dalam Surat Al-Baqoroh ayat 155:
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang SABAR”

Pernah ngalamin ini gak??
Ane pernah ngalamin banget pas jaman2 kuliah,. Waktu itu uang ngepaaas banget belum akhir bulan,. Karena tugas seabreg , foto copy ini, nyari data,,dll.. ketika dalam kekurangan ini,. kenapa yaaa ko kita mendadak dangdut,,. Ehh maapp,. Bukan mendadak dangdut,. Hehe tapi kenapa yaa pas kondisi kekurangan ini kita mendadak ingiin dekat sekali dengan penggenggam semesta, Ilahi Rabbi. Tahajud gencar,. Sodakoh lancar,. Lebih tabah dan daya juang semakin keras.. yaa begitulah iman kita,. Perlu ada yang ngunci,. Biar ga molar maler kemana2,. Daan pas ceramah ini,. ane dapet kuncinya gan,. Klo kuncinya udah ketemu,. Mau buka juga gampang.

Contoh:
Kita punya lemari,. Di dalamnya isinya segepok emas,. Tapi almari dalam posisi terkunci.. kita mau terus fokus mikirin isinya apa,. ? atau mau nyari kunci almarinya biar lemarinya kebuka dan kita bisa ngambil emas itu??

Naah,. Begitu juga sabar,. Ada kuncinya LHOOO,...
Ane kasih tau deeh gaaann.. (sssssttt..... tp jngn keras2 yaaa,.. takut syaiton denger,. Ntar klo denger banyak godaan lagi dehh J )
Ini dia KunCi sabar:
1.       Tak  pernah dimiliki dan memiliki
Artinya,. Semua yang ada di dunia ini yaa hanya titipan,. Mau kaya, mau jabatan,. Mau miskin,. Mau sukses,. Jadi pas suatu ketika kondisi kita berbalik ataupun diambil, kita tidak akan gentar mempermasalahkan dunia,. Yaa memang begitu koo,.. BUKAN “masalahnya” tapi cara kita buat “menyikapi masalah” jadi yaa “MONGGOO” wong saya Cuma mampir kok,. Di dunia ini kan nyari amal yang banyak2 buat di bawa nanti pas kita kembali pada NYA.,. (perhatikan baik2,. Bukan pasRah Lho )
2.       Tak pernah lari kecuali kepada Allah
Silahkan menjadi orang yang MUSYRIK,. TAPI resikonya banyak “ di dunia ga berkah,. Di akhirat kena laknat Allah, pokonya Nano-naNo rasanya,. Dan yang paling tragis,. JAHANNAM siap menelan kpd Orang yg musyrik. Naaahh lhoo, pilih mana??? Masih mau minta perlindungan selain kepada Allah gan??

Oleh karena itulah Gan, ada tanda2 orang yang sulit sekali untuk sabar, jika ia:
Mencari perlindungan kepada ALLAH,..

yakin deeh “Laakhaulawala quwwata illa Billahil ‘aliyyil ‘adzim,.”
 Seperti firman Allah, dala surat Al-Baqoroh 216
“.....Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”


Tuu kaan, udah jelas banget lhoo,.. sesuatu yang menurut kita baik belum tentu menurut Allah BAIK,. Klo udah jelas gini,. Mau apa lagi coba...

ENG ING ENG.......
BELAJAR SABAR YUUK

Ditulis Bada’ Asyar, 16 Oktober 2011 Bandung.
**************************************************

Tidak ada komentar:

Posting Komentar