Senin, 05 September 2011

Kecemburuan Sarah Terhadap Zainab

Kecemburuan Sarah Terhadap Zainab,

Kisah ini menitikkan pesan yang begitu dalam terhadapku, oleh karena itulah saya share dan semoga bermanfaat.
Ada beberapa hikmah dalam cerita ini (ceritanya ada di bawah yaa...) yang begitu dalam, menurut saya:
Ketika kita mempunyai pasangan, kadang sering merasa cemburu jika ada perempuan lain yang menguhubungi pasangan kita..coba deeh (apalagi yang pada pacaran tuuu..hehe) tanpa tanya terlebih dahulu itu siapa,menelusuri itu bener/ga...apa Cuma katanya ini kamu tadi jalan sama itu, katanya sii eta, kamu tadi makan siang sama dia... dll...kadang emosi lebih menguasai diri kita dari pada rasional,. Dan kadang di posisi ini kita sering membuat keputusan yang di luar rasional, akhirnya kita menyesal deeehhh...
Cobaa deeh yaa mbaa,..maas... yang baik, klo kita dalam kondisi ini tenangkan diri sejenak pada saat mendengar berita/kabar tersebut, lalu tarik nafass  dalam2 (yg ikhlas donkk J ) dan setelah tenang, berfikir yang jernih, telusuri, perjelas, dan ambil keputusan.... memang hal ini pebuh tantangan dalam melakukannya, tapi jika dibiasakan hasilnya memuaskan... (Ingat lhoo.. syaiton itu tugasnya menggoda manusia,...tapi kepada manusia yang mauu aja, pilih deehhh mau atau ga nya tergantung kita...jangan sampai emosi lebih menguasai kita dari pada rasionalitas)

Hikmah kedua dari cerita ini adalah kesabaran Zainab,..
Seorang wanita yang begitu sabar, tapi atas kesabarannya dan keikhlasannya lah Si Doel memutuskan untuk memilih Zainab J

WAKTU ITUUUU.....
Idul Fitri kemarin saya muudik, pulang ke rumah,.. singkatnya waktu malam setelah Idul Fitri saya menonton Film, klo dibilang Film ini jadul buat temen2 jaman sekarang (hehehe,.. ) film nya “Si Doel Anak Pinggiran”  tradisi dalam Film ini adalah kisah cinta segita antara Bang Doel (Si Doel), Zainab seorang gadis desa, dan Sarah seorang cewek gaul, modis, dari kota. Selain itu, setting film ini begitu halus, tentang budaya betawi, oplet warisan, dll...

Kesan terdalam saya adalah ketika “Sebuah kecemburuan Sarah terhadap Zainab yang membuat Si Doel memutuskan meninggalkannya”
Ringkasan cerita tersebut adalah;
Waktu itu, Zainab sedang hamil, pada saat akan melahirkan, suaminya tidak berada di tempat (suami Zainab dalam film ini kurang begitu bertanggung jawab). Pas kebetulan hari Zainab akan melahirkan, ada pendarahan (klo ga salah) sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. Pada saat itu, Si Doel menolong membawanya ke rumah sakit, dan harus ada biaya dll, sehingga Si Doel mengaku kalau dia suami Zainab (karena suami Zainab susah dihubungi) agar proses pertolongan persalinan Zainab lancar, singkat cerita ....waktu itu Sarah juga tidak sengaja ke rumah sakit yang sama karena dia harus melakukan pengobatan atas sakitnya (waktu sarah akan ke rumah sakit, dia menghubungi Si Doel beberapa kali, karena Si Doel sedang menolong Zainab yang pendarahan, belum sempat dia memberi kabar ke Sarah). Di situlah mereka bertemu (Si Doel & Sarah) , sarah sangat marah, karena dia menganggap Si Doel lebih peduli terhadap Zainab (tanpa memberikan waktu kepada Si Doel untuk memberikan penjelasan). Sejak saat itulah Sarah pergi tanpa mau mendengarkan penjelasan dari Si Doel.

Ditinggalkan Sarah adalah waktu2 yang sangat hampa bagi Si Doel, dia tetap setia kepada Sarah dan menunggu istri nya pulang kembali. 8 tahun lamanya penantian Si Doel tanpa berita dari Sarah, bahkan orang tua Sarah enggan memberitahukan dimana Sarah berada. Dari konsultasi sana situ dengan ustad, saudara,dll akhirnya Si Doel memutuskan untuk menceraikan Sarah (WOOOOWW bagi seorang pria menunggu 8 tahun untuk seorang wanita, hal itu sangat AMAZING...hehe)
Di sinilah cinta lama dipertemukan kembali antara Zainab, yang pada saat ini posisi Zainab adalah seorang janda (cerai dari suaminya yg tidak bertanggung jawab dan sering melakukan kekerasan), dari berjalannya waktu, akhirnya Si Doel memutuskan untuk menjalin tali kasih halal dengan Zainab..
Si Doel meminta Zainab untuk menjadi pendampingnya dan meminta Zainab melupakan masa lalunya, untuk memulai hidup baru lagi. Akhirnya mereka berdua menikah, sejalan pernikahan mereka berdua sangat bahagia, Zainab menjadi seorang istri yang baik dan taat kepada suami, dan Si Doel menjadi kepala rumah tangga yang bertanggung jawab.


PUNCAKNYA DI SINIII......
Si Doel setelah ditinggalkan Sarah sering bermimpi ada anak meminta tolong karena tenggelam di pantai..ini yg membuat pikiran Si Doel tidak tenang, suatu hari Si Doel datang ke pantai tersebut dan memang benar dia menolong anak yg tenggelam tersebut (anak ini pura2 tenggelam saja, dia bercanda kepada Si Doel). Akhirnya antara anak ini dan Si Doel ada komunikasi, suatu ketika anak ini ulang tahun dan Si Doel diundang ke rumahnya...tidak disangka.....ternyata anak itu adalah anaknya (usia sekitar 8 tahun, sejak Sarah meninggalkan Si Doel, dia dalam keadaan mengandung anak Si Doel). Dilema sekali buat Si Doel pada saat ini, sudah menanti dalam waktu 8 tahun, Sarah tidak memberikan kabar apapun dan enggan menemui Si Doel, tetapi pada saat dia sudah menikah dengan Zainab dan memutuskan untuk memulai hal baru, masa lalunya datang kembali dan harus dia hadapi..
 Keharmonisan rumah tangga mereka diuji, ...
Sebagai suami yang baik, Si Doel menceritakan hal itu secara terus terang kepada Zainab bahwasanya buah hati Si Doel dan Sarah datang, dan Si Doel menangis ...bimbang apa yang harus dia lakukan kalau Sarah juga akan datang ke kehidupannya lagi...
JABAWABN ZAINAB saat itu membuat ku benar2 merasa waahhhh...ada yaaa wanita seperti ini, begitu bijak dan sabar, patut kita contoh...
Dengan bijaknya Zainab bilang bahwa Zainab rela jika Si Doel akan kembali ke Sarah, dan Zainab siap untuk diceraikan Si Doel jika Si Doel akan menerima Sarah kembali, Zainab rela jika Si Doel bahagia dengan keputusannya.. (Dari hal inilah Si Doel lebih memilih Zainab, seorang istri yang benar2 tulus dan sabar,..)
INTINYA seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya,, bahwa kecemburuan terhadap pasangan itu tidak masalah dan wajar, tapi sebaiknya kita menahan emosi untuk berfikir jernih sejenak, menelusurinya sehingga keputusan yang kita ambil benar2 bijak :)

 

19 komentar:

  1. saya menghargai anda dlm menyimpulkan crt tsb, tp pandangan saya berbeda dr sisi yg lain. karena tidaklah wajar seorang suami berbuat sperti itu. realistislah. byk cara berkomunikasi. kecemburuan itu timbul, diawali dr sikap Doel, yg berulang2 sll bgitu, plintat plintut, buat keruh suasana. nolongin org boleh, tp ya ngukur kmampuan diri sendiri deh. sll pengen jd hero, tp g berdasar gt lho. kl kehidupan stiap kali berhub dgn mantan, aq rasa g etis. disini dua2nya Zenab dan Doel g brtggjawab, terutama Doel. jd g mendidik, terbukti married jg sama obyek permasalahannya. 10 tahun mendem, setahu saya pertengkaran hal biasa, kok y istri g ditemuin. mungkin itu aja, smoga memberi warna dalam cerita dgn beragam pandangan yg berbeda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuuu,kl benar"setia harus nya dia tdk akan menikah dgn Zainab,sdh tau akar permasalahan antara doel dan sarah itu zaenZa,dan saya pun akan bersikap seperti sarah kl tau suami saya lebih peduli dgn tmnnya yg jelas"ada hati sejak lama

      Hapus
  2. Oke mba, thank you ya atas pendapatnya.
    pendapat yg berwarna membuat kita semakin kaya dan semakin jeli terhadap sesuatu.
    kira2 dalam kondisi seperti itu, apa yg sebaiknya dilakukan doel ya? :)

    BalasHapus
  3. engga setuju.

    cemburu itu perlu, bahkan setau saya ada hadist Rasulullah Saw. ttg kecemburuan. *maaf lupa*

    dan lagi..
    menurut saya wajar kalau sarah marah:
    1. doel sewaktu menolong zaenab seharusnya sempat tidak sempat tetap harus memberi kabar ke ISTRInya. sudah kewajiban suami untuk memantau keadaan istri, tidak lalai terhadap hak-hak istri. Namun, yang dilakukan doel disini justru saking "excited"nya nolongin zaenab eh melupakan istri dan hak-haknya. Wallahua'lam.
    2. mengaku sebagai suami zaenab -WHAT A NON SENSE !!
    perasaan rumah sakit engga gitu2 amat untuk nolongin orang, tinggal bilang aja "saya kakaknya, suaminya sedang perjalanan kesini" BERES.
    3. sarah marah is WAJAR, doel belum sempat menjelaskan is WAJAR, yang tidak wajar adalah doel tidak mengejar kesempatan untuk menjelaskan.
    4. hati wanita jika terluka, bisa basah selamanya.. obatnya hanya penjelasan yang jujur -tentu dengan pertolongan Allah Swt- sekali saja lelaki melumpuhkan hati wanita, dia harus "menggendongnya" selamanya.
    dikejar dong, bukan malah hidup di sekitar zaenab (wanita yang membuat sarah cemburu)
    5. zaenab menurut saya bukan tokoh yang terlalu baik juga. dalam kisah sebelumnya diceritakan ia adalah teman yang selalu bergantung sama sarah (terutama saat2 dia kabur karena menolak perjodohan). kok tega2nya dia mau nerima doel (yang notabene cerai karena dia), gimana perasaan sarah engga dipikirkannya sama sekali.

    dan yang pasti, mba wiji belum mengalami hal seperti itu..
    posisikan mba jadi sarah, marah itu wajar selama mba bisa juga memberi kesempatan untuk penjelasan. dalam hal ini sarah kurang sabar untuk mendengar penjelasan dr doel.. (tapi kalau saya penjelasannya sepereti itu juga tetep marah sih, intine ora perlu sampe segitunya nolongin orang)

    BalasHapus
  4. SETUJU betul banget tuh harusnya si doel berusaha lebih keras lagi nyari sarah bukannya malah NIKAH LAGI.. Saya paling benci sama orang ketiga bikin rusuh !!

    BalasHapus
  5. SETUJU betul banget tuh harusnya si doel berusaha lebih keras lagi nyari sarah bukannya malah NIKAH LAGI.. Saya paling benci sama orang ketiga bikin rusuh !!

    BalasHapus
  6. Ingat..itu hanya sinetron..yg baik bisa dicontoh..yg tdk baik bs diabaikan..balik ke diri masing2 aja..ngapain jg kalian pada ribut..kalo kalian sbgai penonton pada ribut emangnya cerita filmnya trs akan dirubah?? Hargai dong yg buat cerita..dikira gampang buat cerita kyk gt..sbgai org yg berpendidikan akan lbh baik jgn cm bs mencela hasil karya org lain..kecuali anda tdk berpendidikan .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya sih gak ada yg ribut.. Wajar koq penonton beda pendapat.. Gak ada kaitannya dgn pendidikan.. setiap penonton berhak jg mengeluarkan pendapatnya ttg film itu.. Namanya jg sinetron, yaa wajar kalau penonton komentar.. Ada yg suka endingnya, ada jg gak suka endingnya itu sudah lumrah..

      Hapus
  7. Bang doel knp skenarionya jd melenceng gak jelas sih.. Sy udah ntn si doel anak pinggiran.. Ttp ajja dsni yg salah sosok doel.. Krn harus diam2 nolongin zaenabnya!! Kalau sarah salah faham wajar, kan doelnya yg fak tegas.. Dgn doel menikah sm zaenab sm ajja menjelekan citra sosok seorg doel yg dikagumi byk org dgn sarah.. Kalau ngni jg gak seru ceritanya.. Penonton kecewa.. Kan sdh jelas akar permasalahannya adl krn zaenab.. Zaenab jg mau ajja lg dinikahin sm doel, ktnya ngerasa brsalah, sama ajja mencari kesempatan selama sarah dibelanda.. Hrsnya nih skenarionya saat zaenab tau doel jujur dan zaenab rela dicerai, hrsnya doel menjawab iya maafkan sy hrs menceraikan km krn hari sy slm ini buat sarah.. Sblm sarah kembali kita hrs sdh pisah.. Dan dstu jg jelas sarah selalu cerita yg baik ttg doel kpd anaknya yg syg sm kel.. Apa jdnya kalau ada zaenab?? Pastilah seorg anak jg akan kecewa.. Intinya gak setuju kalau endingnya doel sm zaenab.. Sm ajja pagar makan tanaman!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju !!! Karena dengan doel menikahi zainab, sama saja dengan doel membenarkan semua dugaan sarah selama ini..

      Hapus
  8. Iya betul wkt si janeb eh jenab sakit bapaknya minta tolong ama dul eh emaknya emaknya merong merong.. .udgtu y ampun dul ud di tlpnin ama sarah.. Parah bgt hpna dimatiin sengaja...

    BalasHapus
  9. Klo gtu td di rs blg aj langsung wkt ke gep. .."dul.ceraikan saya sejaramg juga. .."

    BalasHapus
  10. jd intinya si doel sm jaenab..g enak benerrrr...

    BalasHapus
  11. Bagi saya cerita si doel sudah tamat sampai season 6 !!! Selebihnya terlalu di dramatisir

    BalasHapus
  12. Tidak ada yg salah، dalam cerita si Doel, Sarah dan Zainab، karena Alur cerita dalam kehidupan di dunia ne, hanya bisa dilihat, didengar dan dikomentari, but inti dari segalanya adalah semua hal yg terjadi di muka bumi ne tidak ada satupun yg luput dari penglihatan Tuhan,serta dialah yg mengatur segalanya, dialah yg membuat skenario kehidupan di Alam semesta.

    BalasHapus
  13. Alasan doel tak susul sarah ke belanda :
    1. Gak tau alamat
    Terbantah karena :
    a. Mertua udah dukung utk susul sarah
    b. Minimal alamat ortu sarah dibelanda bisa didpt dari ortu sarah, om anton, tante silvi, hans, perusahaan milik sarah, om wisnu dll..

    2. Gak punya biaya
    Terbantahkan karena :
    a. Gaji trakindo besar
    b. Mobil blazer bisa dijual
    c. Pinjaman kantor
    d. Pinjaman mertua, dll

    3. Tidak tau nomor hp sarah
    Terbantahkan karena :
    a. Bisa diminta sama mertua
    b. Bisa diminta sama perusahaan milik sarah, dll

    BalasHapus
  14. Kalo akhirnya si doel menikah lagi krn ditinggal sarah lama, mgkn bisa dimaklumi ama sarah.. Tp kl nikahnya ama si zaenab, wah..kbangetan dh, udh tau zaenab pnyebab sarah pergi..tapi kl si doel bnr2 nyesel dan syg sarah sih..moga2 dcerita berikutnya sarah dan doel balik lagi, biar si zaenab ngerti gmn rasanya..

    BalasHapus
  15. Wkwkwk... Akhirnya si Doel dan Sarah kok... Kan anaknya yang minta biar pada rujuk...

    BalasHapus