Minggu, 02 Desember 2012

TRIK SIDANG SKRIPSI




Trik sidang skripsi


Sebagai mahasiswa yang mau lulus, tentunya kita tidak lepas dari hal ini “SIDANG SKRIPSI” Betul?
Waah, sehari semalem, bahkan ketika nama sudah muncul di pengumuman untuk sidang skripsi, rasa makanan enak terasa hambar, tidur di kasur empuk terasa pegal, apalagi hari yang ditentukan telah tiba, mungkin jantung terasa berdebar-debar tidak jelas. Keringat dingin dimana-mana, kata yg sudah disusun buyar entah kemana. Wal hasil ketika presentasi skripsi yang keluar adalah “Ba Bi Bu Be Bo.... hmmm, aduuh” akhirnya “Mohon maaf, saya tidak tahu mengenai hal ini”
Syukur-syukur bisa ngomong, mungkin hanya berdiri kayak patung.
Sering ngalamin ini?? Ceck it out
Klo kita ngerjakan skripsi sendiri, bukan nyuruh orang utk ngerjakan, seharusnya kudu PD dan optimis, triknya cukup gampang:
1.     Pas hari H menjelang sidang skripsi, gak usah belajar, orang udah bisa kok. Kan kita yang buat skripsi. Jalan-jalan aja, dengerin musik, lakukan hobi, menyanyi, ketawa bareng teman-teman, nonton.
2.     Tentunya melakukan ini karena sudah paham, makanya pas bikin skripsi benar-benar dipahami isinya apa. Gak usah ngehafal, tapi paham apa yg kita tulis J
3.     H-1 klo aku sih lebih seneng matiin HP, hehehe. Tapi bilang dulu ke orang terdekat ya, biar gak nyariin. Ntar bahaya deh
4.     Matiin HP utk meminimalisasi komentar-komentar yg negatif bahwa penguji itu killer lhoo, dan bla bla bla... percaya deh, se killer penguji apapun, klo kita menguasai apa yg kita buat, dan berani mempertanggungjawabkanyya gak segitu juga kok.
5.     Slide presentasi dan peralatan teknis laiinnya sebaiknya siapin beberapa minggu sebelumnya biar gak buru-buru. Jangan sampai pas dikabari sidang malah lagi keluar kota, slide presentasi belum dibuat, baju belum disiapin.. Whoaa bener2 ngedadak, apalagi klo kamu tipikal orang yg gugupan, biasanya panik dulu sebelum kejadian dah
6.     Pakailah pakaian yg formal dan pakaian terbaik kita. Momen ini sekali seumur hidup lho (kan gak mau sidang ulang kan). Pakaian yg formal, rapih, dan sopan akan membuat kita percaya diri. Blazer, jas, pantofel, jam tangan, rambut disisir mlipis (cie cie) , klo yg cewek jangan pakai rok yg terlalu minim, gak bagus juga. Rapih lebih oke kok.
7.     Sediakan print-an slide yang udah kita buat, berikan di penguji sebelum memulai presentasi (efeknya bagus lho)
8.     Percaya diri lah, minta restu ortu, berdoa, maksimalkan ikhtiar
9.     Klo pas ditanya sama penguji, jangan buru2 dijawab, pikirkan dulu apa  maksud pertanyaan beliau
10.                        Klo salah, akui saja klo kita salah dan sampaikan akan direvisi
11.                        Pertahankan apa yg telah kita buat (skripsinya, selama ada yg mendasari dan tertulis di buku skripsi kita) ungkapkan argumen2 secara sopan dan tidak menggurui
12.                        Tenang, itu kuncinya. Klo kita tenang, kita akan nge-klik kok dengan suasana sidang. Akan ngeklik klo ditanya penguji, santai, rileks.
13.                        Jawablah pertanyaan ataupun argumen dari penguji sesuai yg sudah ada pada buku skripsi kita. Jangan keluar dari tema pembahasan, ntar malah dikejar/ditanya yg gak kita bahas, kan repoot
14.                        Pertanyaan akan muter2 di bab 1-selesai, lampiran, dll Cuma itu kok, mungkin ada pengetahuan yg kita lengkapi, tapi gak akan melenceng dari yg kita bahas, jadi gak usah takut, pahami saja isi nya.

Eh tau gak, pas dulu aku sidang skripsi , gak tau kenapa bawaannya seharian pingin ketawa dan senyum2 mulu.. apalagi masuk ke ruang sidang, kemudian presentasi, dan menjawab semua pertanyaan2 penguji, menyampaikan argumen2.. pokoknya bawaannya pingin senyum2 mulu.

TAU GAK KENAPA?
Karena, setelah kita sidang, dan keluar dari pintu sidang.. KITA SUDAH BUKAN MAHASISWA lagi.
Kebayang gak, perjuangan selama bertahun2 kuliah, hanya ditentukan oleh waktu sidang 1,5jam. Suka duka, bahagia, galau, marah, banyak tugas, dll semua akan berlalu hanya dalam waktu 1,5jam. Status mahasiswa akan berubah, kehidupan nyata baru dimulai, pintu gerbang kehidupan yg sebenarnya dibuka...
Rugi gak sih, klo kita akan gagal dari perjuangan yg ditempuh selama bertahun2 hanya karena grogi, nerveous,??
Nerveous gak dibayar, grogi juga gak dibayar, PD juga gak dibayar. Lebih mending mana?? Bedanya klo kita PD dan tenang sidangnya lancar dan gak sidang ulang.

Hayo milih mana??
Masih mau jadi orang yg nervous an? Banyak ruginya :-p
Klo aku sih milih PD, gmn dengan kamu? J

SEMANGAT  YA.!!
JALAN MASIH PANJANG, SIDANG SKRIPSI BELUM APA-APA NYA NGLAMAR KERJA.
SO... SEMANGAT J


4 komentar:

  1. Sidang Skripsi sih ga ada apa-apanya di bandingkan deg-degan nya mau dilamar, ampe pipis berkali-kali di pom bensin.

    BalasHapus
  2. hahahahahaha
    kurang asem kowe, wkwkwk

    yg udah ijab sah neh,

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Sidang skripsi apa.memang identik dengan pakaian hitam putih ya

    BalasHapus