Selasa, 14 Februari 2012

Cimol ku meledak-ledak



Cimol ku meledak-ledak
(Akal-akalan Anak Kosan **Part 2)

Kawan, aku punya hobby masak, baca buku, jalan kaki, jalan2 ke pegunungan,.

“Dua ribu ya Pak”
Seperti biasa, cimol di pertigaan lampu merah setiabudi menjadi langgananku tiap sore entah dari jaman kuliah dan sampai saat ini. Bapak cireng itu,. Ahh aku  pun tak tahu namanya,. Tapi karena sering banget beli cireng Si Bapak, akhirnya bapak cireng kenal, dan memanggilku dengan “Si eneng”

“Eh, Si eneng,. Tetiasa neng?” logat sundanis bapak pun dikeluarkan
“Muhun Pak” kujawab dengan senyum lebar, karena kupikir hari ini Si Bapak laris manis dagangan cimolnya.

Si Bapak kurang lebih berumur 60 tahun nan, yang pernah aku ngobrol dan tanya2 (ngobrol dan tanya2 adalah senjataku agar cimolnya ditambahin banyak, hehehe,.., klo ngobrol kan jadi lupa udah berapa sendok Si Bapak menakar cimol ke dalam plastik, akhirnya seperti biasa...., hanya 2 ribu, aku dapat cimol seplastik penuh,. Hehehe ,., itu dulu pas jaman2 kuliah haha). Kadang temen2 ku pun iri,. Kenapa pada saat aku beli cimol pasti dapet banyak, hahaha,.., (ssstttt,.. ini rahasianya lho,. Tapi jangan digunakan buat ngerjain Si Bapak cimol ya,.). Si Bapak kadang klo musim2 ujan sepi dagangan, aku pun sering mampir dan makan di tempat walaupun pinggir jalan, tapi setidaknya ada tempat duduk , ditemani hujan dan ngobrol, akhirnya ngalor ngidul sampai hujan terang.

“Saya asli GARUT neng, di sini mah jualan aja sama anak2, anak2 Bapak ga da yg sekolah tinggi, cuma sampai SMP. Yaah buat makan aja susah neng” tiba2 Si Bapak menerawang entah yang aku pikir Si Bapak sedang memikirkan mungkin beberapa tahun atau ke masa lampau”
“Pak!! Bapak jarang pulang ke rumah?” pertanyaanku mengejutkannya
“Kadang dua minggu sekali neng, kadang sebulan sekali, klo ada ongkos”
“Bapak ndak kangen sama istri? Hehehehe”
“Yaa kangen neng,. Ah si eneng mah,., Bapak kan sudah tua, gak kayak eneng, masa kangen2 an. Malu laah neng. Ada2 aja”
“Waalahh,. Hayo Pak,. Ga usah malu2,.. kaya nya Si Ibu juga lagi kangen tuuh,. Klo dipikirin, yang dipikirin juga lagi mikirin lho.. hehehe”
“Gak lah neng, kami sudah sama2 tua,. Anak paling besar saja sudah berumah tangga, yang paling kecil sudah mau nikah, sama jualan cimol sama Bapak kadang gantiin Bapak jualan”
“Ooo begitu Pak. Ada niat buka cabang cimol gak Pak? Cimol Bapak kan enak,. Banyak lagi,., hehe”
“Aaah, Si eneng, banyak kan Bapak kasih klo yg beli Si Eneng, abisnya Neng klo lagi beli diajak ngobrol siii, jadi lupa udah berapa sendok yg Bapak plastikin deh, hehe”
(yaaaahhhh,... ketahuan deeehhh)

Tiba2 mukaku memerah,. ‘Ternyata Si Bapak tahu juga strategiku membeli cireng, aahhh malunya Aku’ bisikku dalam hati

“Udah neng,. Gak usah malu2,. Hehehe . tapi Bapak seneng klo Neng beli cimol ke Bapak” hiburnya,. Membuat rasa bersalahku luluh
“Heeeee,..., iya Pak,., kan biar cimolnya dikasih banyak,. Hohohohoho,. Emang kenapa Bapak seneng klo saya beli cimol Bapak?”
“Abisnya Neng suka ngajak ngobrol, yaah Bapak kan seneng klo bahasa gaulnya bapak bisa curhat”
“Heheheh,. Pak, kapan2 saya boleh diajarin bikin cimol ya”
“Gampang neng,. Bahan dasarnya dari aci, terus aci nya dikasih air , di ulen, terus digoreng deh, jangan lupa pakai garem, kurang lebih seperti itu lah”
Pembicaraan kami sampai di situ pada sore itu, akhirnya karena saking penasarannya dan biasa lah aku kan suka coba2 resep baru, walaupun kadang makanan yg kucampur2 rasanya gak jelas manis, asin, atau asem, hehehe

Sore itu.....
“Garem udah beli, aci udah, air udah disiapin, mangkok udah, tinggal beraksi niihh” bisikku dalam hati
Akhirnya bahan2 tersebut kucampur2, dan akhirnya cimol ala fitri siap untuk digoreng. Dengan muka sumringah, aku rasa puas banget,. Akhirnya bisa bikin cimol, makanan kesukaanku. Setelah minyak panas, bulatan2 cimol satu persatu aku masukkan ke dalam minyak panas, kulihat tanpa berkedip daannn.....

“JEDAR JEDOR, JEDAAAARRRRRRR”
“Astaghfirulloh,. Kenapa cimolnya LOMPAT2,????”

Cimol yang kumasukkan ke dalam minyak panas melompat2 ke atas, setinggi setengah meter, cimol yang aku goreng satu demi satu berlari2 ke udara, akupun panik, karena suara cimol yang beterbangan keras sekali. Meledak2 dan beterbangan, ooohhh suaranya seperti

“PRETEK PRETEKKK...!”

Akhirnya kamar sebelah kamarku pada keluar kaget, mendengar suara ledakan2.
“Mba,!! Apa yg meledak2???? Kok keras banget yaa,. Apa itu”
“Suara apa itu mbak yg meledak???”
“Iya Mbak, suara apa itu??? Kok pada meledak2??”

Aku masih bersembunyi di bawah meja karena takut kecipratan minyak yg meledak bersama cimolku..
“Ci...mol...ku....Cimolku beterbangan dan meledak” dengan panik aku pun sedih, karena cimol sekitar 20 buah yang aku goreng tak tersisa satupun di kuali, semuanya meledak dan terbang2 ke udara, ada yang jatuh hingga halaman depan kamar,..,

OOOOOoohhh CIMOLKU GAGAL KUBIKIN...

IDE ANAK KOSAN, ASIK JUGA DITIRU

KONTRA DAN INDIKASI: BIKINLAH CIMOL JANGAN SAMPAI BETERBANGAN DAN MELEDAK2

Hingga saat ini, aku masih ngulak alik bikin cimol yg benar,,,, hehehe

TARGET BERIKUTNYA: HARUS BISA BIKIN CIMOL J

7 komentar:

  1. iya nih,. mau nyobain juga??
    hahaha

    BalasHapus
  2. kegagalan adalah guru yang paling baik,,, kalau udah jadi bagi bagi ya...

    BalasHapus
  3. Hahahaha lucuuu, brusan jga q bkin awal nya pke minyak dngin di kuali bru q nylain kmpor, pas udh agk keras cimol nya tau2 mledak2 lngsung q mtiin kmpor nya tp msih mledak2 jga.. Hehheh

    BalasHapus
  4. Hahahaha lucuuu, brusan jga q bkin awal nya pke minyak dngin di kuali bru q nylain kmpor, pas udh agk keras cimol nya tau2 mledak2 lngsung q mtiin kmpor nya tp msih mledak2 jga.. Hehheh

    BalasHapus
  5. Sama juga meledak dan hilang semua

    BalasHapus